Bung Karno Menggugat!

Rp43.000 Rp38.700

Hemat: Rp4.300 (10%)

Stok terbatas! Tersisa 3 lagi!

Bung Karno Menggugat! Paperback


Tragedi berdarah 1 Oktober 1965, yang menewaskan tujuh perwira tinngi Angkatan Darat, hingga kini masih menyisakan sejuamlah tanda tanya besar: siapa saja dalang dibalik peristiwa itu? Siapa saja perwira yang melancarkan pemberontakan? Benarkah PKI terlibat dalam persengkokolan itu? Bagaimana dengan Soeharto? Dari apa sesungguhnya peran Bung Karno dalam peristiwa itu?

Pertanyaan-pertanyaan di atas penting untuk segera dijawab. Mungkinkah mereka dapat dituduh sebagai perancang perkelompotan terhadap perwira tinggi AD dan bahkan membantunya?

Inilah buku yang mencoba melihat tragedi ’65 dalam perspektif yang lebih luas, khususnya berkaitan denan hidup dan perjuangan Bung Karno. Dilihat pula peran berbagai pihak lain dalam tragedi itu. Dokumen-dokumen rahasia Dubes AS Marshall Green dan memorandum CIA dikaji dengan teliti untuk melihat peta permasalahan yang ada. Satu hal penting yang selama ini dipendam oleh rezim Orba adalah soal pembunuhan massal atas nama penumpasan pemberontakan PKI, yang dikaitan dengan peristiwa 1 Oktober 1965. Ribuan orang dibantai tanpa proses pengadilan oleh tangan-tangan penguasa. Bila tujuh orang perwira AD tewas akibat peristiwa Gestok “Tujuh Pahlawan Revolusi” (Tuparev), bagaimana dengan ratusan ribu nyawa yang dibantai atas nama penumpasan pemberontakan PKI itu?

Sebagai ahli sejarah, Baskara T. Wardaya mengajak pembaca bukan sekedar meributkan siapa dalang peristiwa Gestok, tetapi juga membangun satu kesadaran advokasi: siapa yang bertanggungjawab atas pembantaian massal usai peristiwa 1 Oktober tersebut, yang hingga kini tak berkesudahan?


Rincian produk

Penerbit: Galang Press

Paperback: 288 halaman

Tahun Terbit: 2008

Bahasa: Bahasa Indonesia

ISBN: 9789792499025

Dimensi Produk: 15.00 x 2.00 x 21.00 (p x l x t)

Berat pengiriman: 355 gram